Sejarah

Selokambang, Diperkirakan Bekas Pusat Pemerintahan Lamajang Selatan

Administrator | Minggu, 09 September 2012 - 06:28:54 WIB | dibaca: 268 pembaca

Pemandian Alam Selokambang

Reporter : Lutfia Amerta Sanjiwani

Lumajang, pedomannusantara.com- Pepohonan yang rindang, udara yang segar, kicauan suara burung yang saling bersahut-sahutan serta riuh suara anak-anak dan orang dewasa bermain air menambah suasana riang di pemandian alam Selokambang. Pemandian alam yang terletak di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Lumajang ini, memang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kota Lumajang, pada hari-hari libur pemandian Selokambang selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan baik dari dalam Kota Lumajang maupun dari luar Kota Lumajang.

Namun siapa sangka, Pemandian yang kini menjadi salah satu andalan pariwisata Kota Lumajang ini, menyimpan sejarah yang begitu bermakna bagi keberlangsungan kebesaran kabupaten Lumajang, hal ini dikarenakan dahulu kawasan tersebut, pernah menjadi pusat Pemerintahan dari Kerajaan Lamajang Kidul. Berdasarkan sumber dari penelitian yang dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belnada untuk mengidentifikasi Kepurbakalaan Di Jawa yang dituangkan dalam ROD,1908 melaporkan bahwa di dekat sumber air Selokambang terdapat beberapa arca-arca , dan salah satunya adalah arca Siwa.

Menurut Arkeolog dari Balai Arkeolog Yogjakarta, Gunadi Kasnowihardjo jika suatu tempat itu ditemukan arca - arca bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak jauh dari tempat itu terdapat bangunan suci, bisa saja berupa Candi. Akan tetapi jika ada suatu kolam pemandian erat kaitannya dengan keberadan pusat suatu kerajaan , sebab suatu pemandian atau tamansari merupakan bagian kompleks Istana sebagai pusat dari kerajaan. “ Jika melihat kondisi Selokambang yang merupakan pemandian dan disekitarnya pernah ditemukan arca-arca bisa jadi tak jauh dari Pemandian Selokambang dulunya terdapat bangunan suci yang berdekatan dengan Kompleks Istana kerajaan”ujar Gunadi yang dihubungi melelu teelpon pada Minggu (09/09). (lut/Gus/red).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)