Warta Jember

Kecamatan Puger Adakan Acara Peduli Sejarah dan Kebudayaan

Administrator | Selasa, 27 Desember 2011 - 07:48:09 WIB | dibaca: 295 pembaca

Reporter : Lutfiati

Jember- Jum'at (26/12/2011) bertempat di kantor kecamatan, masyarakat puger dan sekitarnya nampak sedang mengikuti acara bedah buku dan pameran benda-benda pusaka. Benda-benda yang di pamerkan terdiri dari berbagai macam koleksi diantaranya, uang-uang kuno, keris, benda-benda dari kuningan, keramik, patung-patung dari perunggu dan patung kayu serta beberapa koleksi foto dari Jember tempo dulu. Dalam acara itu pula dimeriahkan dengan silaturrahmi para pendekar pencak silat yang disertai dengan beberapa atraksi dari pencak silat yang mendukung  acara tersebut. 

Disamping acara pencak silat tersebut, diadakan pula acara bedah buku dengan judul  "Proses Menjadi Jember" dengan nara sumber penulis buku sendiri yaitu Y. Setia Hadi atau yang lebih di kenal dengan nama Yopi. Selain Yopi dalam cara itu hadir pula Profesor Ayu Sutarto, seorang budayawan Jember sebagai narasumber. Yopi selaku penulis buku menuturkan bahwa buku tersebut dia susun untuk menceritakan bagaimana sejarah Jember.

”disini saya ingin menceritakan bagaimana proses berdirikanya kabupaten Jember,” ujar sejarawan lulusan Universitas Indonesia tersebut.

Sedangkan Prof. Ayu Sutarto selaku budayawan memaparkan bagaimana syarat-syarat tentang hari jadi suatu kota ataupun kabupaten.Acara bedah buku berjalan cukup seru, pasalnya acara diskusi diwarnai beberapa pertanyaan yang di nilai oleh Prof. Ayu Sutarto selaku Budayawan Jember adalah pertanyaan yang cukup cerdas.

Camat Puger Wahyudi menyatakan bahwa sepenuhnya secara pribadi dia mendukung acara tersebut.

”kami melaksanakan acara ini secara swadaya dan saya berharap nantinya acara ini akan di adakan secara rutin dan bergiliran di tiap kecamatan yang ada di Jember,” Ujarnya. (lut/pim)
 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)